Selasa, 11 November 2014

Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

Kuman dan jamur adalah penyebab utama munculnya gatal-gatal pada bagian tubuh, termasuk pada bagian selangkangan. Tempat yang sering ditempati jamur ialah dibagian lipatan, jari-jari tangan atau pada bagian lainnya yg juga dapat terkena jamur.

  
Penyebab Gatal di Selangkangan
Banyak penyebab timbulnya gatal-gatal diselangkangan atau lipatan bagian dlm paha. Disamping lantaran jamur, dpt jg disebabkan karna alergi makanan yg dikonsumsi, misalnya dari ikan tongkol, telur, udang, ikan asin serta sebagainya.

Tak terlepas dari dari beragam penyebab di atas tadi, gatal-gatal dapat menyerang karna kondisi fisik atau bagian badan yang kurang terjaga dari kebersihan. Hal demikian disebabkan banyak hal, misalnya karna debu, air serta sebagainya. Namun yang paling umum karna kondisi pada selangkangan yg selalu lembab sehingga membuat jamur dapat berkembang dengan leluasa.

Selain itu, menjaga kondisi fisik tetap bersih serta sehat, ialah salah satu cara untuk mencegah timbulnya gatal-gatal pada selangkangan maupun daerah lain pada tubuh. Daya tahan tubuh yg lemah memudahkan penyeakit menyerang termasuk jamur atau bakteri penyebab gatal.

Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

Jika sudah teranjur terkena gatal memang agak sedikit sulit cara penanganannya, meski tidak berarti tdk dpt disembuhkkan. Nah, berikut ini ada beberapa cara yg dapat anda coba:
  1. Selain dengan obat berbahan kimia, cobalah memanfaatkan obat tradisional seperti asam gelugur serta asam kendis utk mengatasi pertumbuhan jamur pada selangkangan anda.
  2. Jangan menggunakan celana ketat atau sempit, karna cuma membuat kulit pada lipatan paha lw panas & mengeluarkan banyak keringat.
  3. Cara lain untuk mengatasi pertumbuhan jamur pada selangkangan paha dengan menggosokkan daun sirih pada permukaan kulit yg gatal, engkau juga bisa mengekstrak daun sirih sebagai bahan bilas pada lipatan kulit anda.
  4. Mandi minimal 2 kali satu hari dgn menggunakan sabun antiseptik untuk memerangi pertumbuhan bakteri ataupun jamur pada selangkangan.
  5. Perhatikan selama proses penyembuhan, gunakan celana dlm yg gampang menyerap keringat agar kulit pada pangkal paha ngga lembab.
  6. Gunakan pakaian bersih dan selalu mengganti pakaian dalam terutama bila pakaian itu dalam keadaan lembab akibat keringat.
  7. Menjaga kebersihan kulit terutama pada selangkangan paha & daerah lipatan kulit lainnya.
  8. Menjaga nutrisi makanan utk meningkatkan imun badan agar mampu melawan segala mikroorganisme yang dapat merusak kesehatan kulit kita.
  9. Hindari makanan atau pantangan yg dpt membuat gatal-gatal pada selangkangan timbul.
Itulah beberapa cara mengatasi gatal di selangkangan dapat kamu lakukan bila gatal-gatal sudah terlanjur menyerang, pastikan mencegah makanan tertentu yg sekiranya dapat menjadi menjadi penyebab timbulnya gatal-gatal terutama selama dalam proses pengobatan. Baca juga masalah & pengatasan penyakit kulit lainnya di Masalah Kulit.