Selasa, 11 November 2014

Cara Menghilangkan Sendawa ( Cegukan )

Cegukan atau sendawa memang terlihat sepele, namun bila telah berlangsung lama, menunjukkan ada sesuatu yg ngga beres dalam tubuh. Karena gak cuma menyangkut tenggorakan, tetapi jg organ-organ lain. Termasuk di dalamnya otot-otot diagfragma, katup di tenggorokan, dan susunan saraf pusat (otak). Serta saraf tepi.


Penyebab cegukan yang bersifat sementara biasanya merupakan peregangan saluran cerna, minuman berkarbonasi, banyak menelan udara, alkohol, merokok, stress, jg tertawa yang berlebihan. Iritasi pada saraf vagus & frenikus adalah penyebab tersering. Benda asing yang ada di daerah telinga pun ternyata jg dapat menjadi pencetus, lantaran ada salah satu cabang saraf vagus di daerah tersebut. Kelainan pada tenggorokan seperti peradangan & tumor di daerah leher juga dpt menstimulasi serabut saraf yg ada di daerah tersebut, yang jg ialah cabang saraf vagus. 

Cara Menghilangkan Sendawa ( Cegukan ) Dengan Cepat

[1.] Kantong plastik
Masukkan kepala kedalam kantong plastik, setelah itu bernafaslah selama beberapa menit hingga cegukan hilang.Kadar karbon dioksida (CO2) yg tinggi dalam darah dpt melumpuhkan cegukan sebab akn mengirimkan sinyal melalui serabut saraf yang akan mengganggu lengkung refleks cegukan.

[2.] Air
Cukup minum segelas air dapat membantu menghentikan cegukan. Menelan air dpt mengganggu siklus cegukan & menenangkan saraf. Berkumur dengan air jg dapat menyembuhkan cegukan.

[3.] Gula
Menelan 1 sendok teh gula pasir kering, bisa membantu utk menyembuhkan cegukan. Hal ini bekerja karena menelan bubuk butiran gula yang lengket dapat mengubah irama pernapasan, sehingga bisa bekerja menghentikan cegukan. Cegukan jg bisa berhenti lantaran adanya sensasi manis yang dirasakan ujung saraf di mulut, terutama pada bagian belakang lidah yg peka terhadap rasa asam.

Mungkin hanya ini informasi yg bisa aku sampaikan kaitannya dengan cara menghilangkan cegukan. Sekian dari aku dan semoga ini bermanfaat bagi anda ataupun utk teman/kerabat Anda yang sedang mengalami cegukan. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar